Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Wisata    Hiburan    Sepakbola    Kuliner    Film   
Home » , , » Sosialisasi Cagar Budaya di Sibebek

Sosialisasi Cagar Budaya di Sibebek

Posted by Jalan-Jalan Batang on Rabu, 24 Juli 2013

Sibebek merupakan salah satu tempat singgah tim ekspedisi untuk melakukan penelusuran, sosialisasi dan menginap di desa ini. Desa Sibebek terkenal dengan situs yang bernama Candi Klenteng. Selain itu terdapat sawah yang bernama Sawah Reco. Reco berarti patung, dahulu banyak ditemukan arca di sawah ini.

Penemuan arca di desa Sibebek kebanyakan ditemukan oleh masyarakat yang tidak mengerti cagar budaya. Banyak benda cagar budaya yang dipindahkan, digunakan, bahkan dijualbelikan oleh masyarakat karena kurangnya informasi cagar budaya di desa ini.

Mengingat masih banyak ditemukannya benda cagar budaya di desa ini, perangkat desa dan pemerhati budaya di desa ini mengharapkan adanya himbauan dari pemerintah untuk melakukan sosialisasi dan pendataan terhadap cagar budaya daerahnya.

Tim ekspedisi datang di waktu yang tepat. Misi Ekspedisi Budaya Desa Perbatasan rupanya disambut antusias oleh perangkat desa dan masyarakat. Ini merupakan sosialisasi yang sangat sukses mengingat Gallery Photo Kabupaten Batang berharap kepada masyarakat turut serta melestarikan cagar budaya. Begitu juga desa ingin mengetahui cagar budaya dan melestarikannya.

Desa Sibebek sangat berharap ada tindaklanjut dari pemerintah mengenai cagar budaya di daerahnya. Dan diadakan penelusuran dan penelitian kembali sehingga dapat mendapatkan informasi yang lebih banyak mengingat penemuan yang ada adalah merupakan kemuncak candi yang dimungkinkan masih ada bangunan candi yang terbenam dalam tanah.

Tim ekspedisi menyampaikan informasi cagar budaya

Antusias Warga

Balai Desa tempat sosialisasi


SHARE :
CB Blogger

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 Jalan-Jalan Batang. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger